SOPA dan POPA

Dunia internet sedang geger gara-gara SOPA dan POPA. Makhluk-makhluk apa pula itu? Aku yakin Saudara sekalian sudah lebih mafhum dibandingkan denganku. Aku pun latah ikut-ikutan memasang pita hitam di pojok kanan atas blog ini. πŸ˜€

Mungkin keadaan di dalam negeri Amerika Serikat sekarang ini mirip-mirip dengan keadaan di sini ketika pembahasan RUU ITE dilakukan, kali yak?

Ah, namanya juga manusia. Ingin bebas. Ingin merdeka. Ingin berdikari. Begitulah yang kupikirkan. Betapa sesungguhnya kebebasan itu masih berusaha dikekang di banyak tempat. Termasuk di negara yang katanya paling liberal itu sekalipun.

Hak cipta dan kebebasan memang bisa diperlawankan. Keduanya…. Halah, iki opo sik? Sedang malas membahas hal-hal semacam ini sebenarnya. Ingin membahas hal yang lucu dan kocak, tapi sedang tidak ada bahannya. Terpaksalah. πŸ˜€

Nyam! (di boncengan motor)
Nyam! (di boncengan motor)

8 pemikiran pada “SOPA dan POPA

  1. Iya nih, SOPA dan Protect IP, bener2 membuat dunia internet suram. 😦
    Mas Cahya sampe ikut protes dengan menonaktifkan blognya sehari. 😦

    Meskipun itu UU hanya berlaku di Amerika, Bang, tapi kebanyakan server internet dunia ‘kan bersumber di sana ‘kan Bang? Jadi kalo sampe RUU itu disetujui kongres Amrik, udah deh, bisa2 situs2 yang diduga menyebarkan barang bajakan bisa dimatikan secara sepihak oleh pemerintah AS. 😦 Kita semua orang di belahan dunia gak bisa mengaksesnya lagi….

    Suka

    1. Nah, itulah Bu yang coba saya sampaikan. Memang sekilas kelihatannya enak. Tapi kalau direnungkan betul-betul, bahaya juga semacam itu sebetulnya. Anak kecil, pula. Itulah, mengapa kebebasan itu patut direnungkan masak-masak. Jangan lantas menganggap bebas, lantas dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain semacam itu. πŸ˜€

      Suka

  2. Tolong jelasin lg deh tentang SOPA-POPA,, emang lg marak bgd, tp saya ga bgt paham. Kalau bisa langsung ke e-mail sy aja. Tolooong banget….

    Suka

Silakan berkomentar sesuka hati

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s